Jumat, 13 Januari 2012

ARSIP SMA



MAKALAH
PERS MENGUNGKAP KETIDAKADILAN HUKUM PIDANA
DI INDONESIA
Diajukan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)



Disusun oleh:
XII IPA 2
1. Dadan Rukmana
2. Evi Komalasari
3. Mutia Nuraeni
4. Rendie Prasetyo

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjar
Jalan K. H. Mustofa 1. Telepon (0265) 741192. Kota Banjar.

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Pers Mengungkap Ketidakadilan Hukum Pidana di Indonesia”. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik kepada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan tugas ini, khususnya kepada:
1. Ibu guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2. Orang tua yang telah turut membantu membimbing dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkaN, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang dharapkan dapat tercapai, Amin.

Banjar, 01 April 2011

Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
Ketika bicara hukum di Indonesia, barangkali masyarakat sudah bosan dan lelah menyaksikan paradoks-paradoks yang terjadi dalam kehidupan hukum di negeri ini. Sudah banyak issue-issue miring yang dialamatkan kepada aparat penegak hukum, baik itu polisi, jaksa maupun hakim. Sudah banyak ketimpangan dan ketidakadilan muncul dalam panggung pengadilan.
Dengan mata telanjang dapat disaksikan bahwa orang miskin akan sangat kesulitan mencari keadilan diruang pengadilan, sedangkan orang berduit akan begitu mudah mendapatkan keadilan. Bukan rahasia lagi, bahwa dalam proses peradilan perkara pidana bila ingin mendapat keringanan atau bahkan bebas dari jeratan hukum harus menyediakan uang, begitu juga para pihak dalam perkara perdata, bila ingin memenangkan perkara maka harus menyediakan sejumlah uang. Dengan kata lain bahwa putusan pengadilan dapat dibeli dengan uang, karena yang menjadi parameter untuk keringanan hukuman dalam perkara pidana dan menang kalahnya dalam perkara perdata lebih kepada pertimbangan berapa jumlah uang untuk itu, daripada pertimbangan hukum yang bersandar pada keadilan dan kebenaran.
Dalam situasi yang serba extra ordinary, dimana bangsa dan negara kita ini sulit untuk keluar dari tekanan krisis di segala bidang kehidupan tidak tertutup kemungkinan bangsa Indonesia akan tambah terperosok ke jurang nestapa yang semakin dalam dan menyeramkan, maka situasi mencekam seperti ini tidak layak hukum menjadi institusi yang banyak menuai kritik karena dianggap tidak becus untuk memberikan jawaban yang prospektif. Pasca tumbangnya pemerintahan otoriter tahun 1998, hampir setiap saat dibumi pertiwi ini lahir peraturan perundang-undangan untuk mengatur dan menjawab problematika kehidupan di negara ini, sehingga keberadaan bangka kita ini dalam kondisi hiperregulated society. Namun, dengan segudang peraturan perundang-undangan, baik menyangkut bidang kelembagaan maupun sisi kegidupan manusia Indonesia, keteraturan (order) tidak kunjung datang. Malahan hukum kita tampak kewelahan, yang akibatnya dengan seabrek peraturan perundang-undangan itu dalam ranah penegakan hukum justru malah menerbitkan persoalan-persoalan baru ketimbang menuntaskannya. Hal ini menurut Satjipto Rahardjo, komunitas hukum dianggap sebagai komunitas yang sangat lamban dalam menangkap momentum.
Dengan adanya pemberitaan mengenai penjara-penjara para pejabat yang seperti rumah mewah, dapat mengungkap bahwa di negara kita, masih banyak ketidakadilan dalam bidang hukum. Kita sering menyebut pemberitaan tersebut dengan pers. Pada bab selanjutnya, akan dibahas mengenai art dan peranan pers serta peran pers dalam mengungkap ketidakadilan hukum di Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Arti dan Peranan Pers

Dalam kehidupan modern, kebutuhan orang akan komunikasi dan informasi semakin meningkat. Informasi dibutuhkan oleh orang untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Dalam hal ini, pers menyediakan berbagai informasi yang berguna bagi masyarakat luas. Dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 Tentang pers, pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia. Sebagai lembaga sosial, pers mempengaruhi pola pikir dan kehidupan masyarakat. Pers dapat mempengaruhi masyarakat, karena sebagai komunikator massa. Pers berusaha menyampaikan informasi dengan sesuatu yang baru karena masyarakat sebagai konsumen pers sangat selektif dalam memilih informasi.
Pers dalam menjalankan fungsi, tugas dan peranannya menghadapi tantangan dan masalahnya sendiri. Pers ditantang untuk bekerja lebih professional sesuai kode etik jurnalistik. Dan di lain pihak pers menghadapi masalah bagaimana memperoleh tenaga yang professional, cakap, dan terampil.
2.2 Peran pers dalam mengungkap ketidakadilan hukum Indonesia

Keguncangan politik pemenjaraan di Indonesia kini sedang terjadi. Contohnya, Artalyta Suryani alias Ayin, ternyata bisa menikmati fasilitas mewah di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu Jakarta Timur. Penghakiman publik pun mulai mengarah agar terjadi perbaikan dalam sistem pemenjaraan yang selama ini dianggap tertutup menjadi terbuka. Ada beberapa aspek realitas ketidakadilan di seputar ramainya pemberitaan media tentang dugaan kastanisasi narapidana oleh petugas rutan dan LP. Pertama, kasus ramainya pemberitaan Rutan Pondok Bambu yang telah dominan merebut perhatian publik, pada saat yang sama justru menunjukkan adanya sistem penganggaran dan kebijakan turun-temurun yang tidak memedulikan realitas buruknya keadaan fisik dan keadaan sosial penjara.
Tanpa disadari, keterbukaan akses dunia luar masuk ke dalam penjara pada akhirnya akan membenarkan bahwa keadaan over capacity dan minimnya anggaran untuk biaya hidup narapidana harus diperbaiki. kasus ramainya pemberitaan yang cenderung mengarahkan pada satu kesimpulan bahwa fasilitas tertentu dapat dinikmati oleh sekelumit narapidana atau tahanan, akan mengarahkan pada perlunya rumusan standar bangunan yang layak secara kemanusiaan terhadap penghuninya. Realitas itu selalu sangat multidimensional karena lingkungan fisik yang buruk jelas akan memengaruhi tingkat kesehatan mental seseorang. Kita saat ini melihat betapa banyak perbedaan antara idealita dan realita yang berlangsung dalam bangunan sistem pemenjaraan. Kasus tertembaknya sipir penjara yang disusul dengan kaburnya narapidana dari LP Sukamiskin, Bandung, Minggu, Desember 2009, mengagetkan banyak kalangan. Kenyataan ini pada akhirnya menjadi contoh bahwa hampir di semua LP dan rutan di Indonesia, tekanan lingkungan baik fisik maupun sosial menjadi hal yang sangat memengaruhi napi dan tahanan untuk kabur. Pada sisi lain sistem pengamanan tidak berjalan maksimal karena terkendala anggaran dan prosedur.
Berdasarkan filsafat Pancasila dan karakteristik masyarakat Indonesia yang berketuhanan, sangat dimungkinkan mobilisasi ritual keberagamaan di dalam LP dan rutan adalah representasi pembumian aspek kemanusian yang adil dan beradab sebagaimana dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Lembaga Pemasyarakatan. Suatu perubahan orientasi politik pemenjaraan dari sistem hukuman berubah menjadi sistem pemasyarakatan bernuansa pembinaan. Karena itu, kini berkembang sistem pembinaan narapidana dengan orientasi yang berbasis di masyarakat (community-based corrections). Hal itu sekaligus menjadi pilihan yang efektif dalam sistem pemasyarakatan dan tentunya dapat didukung dengan terjalinnya skema kerja sama sekaligus lahirnya legal formal mengenai sistem pemsyarakatan Indonesia (sipasindo) yang membutuhkan hubungan mutualisme antara narapidana, petugas, dan masyarakat. Hal ini guna mengimbangi muatan moralis dan agamis serta keterampilan hidup bagi narapidana karena cetak biru kelahiran sistem pemasyarakatan, 27 April1964, adalah mencerdasakan kehidupan bangsa serta menyebarkan perdamaian sosial dan lingkungan dalam ide pengayoman.
Pidana penjara dimaksudkan agar pelaku tindak kriminalitas pidana menyadari kesalahan dan memperbaiki diri agar kembali menjadi manusia yang baik. Di sinilah terjadi kesesuaian antara model pembinaan politik pemenjaraan nasional dan konsep tobat. Karena tobat merupakan satu-satunya cara bagi manusia untuk membersihkan diri dari berbagai bentuk kesalahan dan dosa secara teologi. Tobat dalam pandangan Islam misalnya, berarti ruju; atau kembali pada perbuatan-perbuatan yang baik atau lebih baik. Dalam sistem pemasyarakatan berarti mampu berinteraksi kembali dengan masyarakat setelah melaksanakan tuntutan keadilan.
Jika dilihat dari dari sudut ini, sangat ironis kenyataan interaksi sosial yang terbangun di masyarakat cenderung memberikan stigma negatif terhadap bekas narapidana. Ketiadaan dukungan sosial pada akhirnya menciptakan stress-full yang membuat terasingnya bekas narapidana untuk mengubah diri, yang justru akan berimplikasi negatif dalam melakukan tindakan kriminal agresif. Tindakan agresif ini dapat dipengaruhi dua faktor dominan, yaitu karena naluri alamiah mencari kebermaknaan diri atas orang lain yang tidak ditemukan dan faktor situasional yang mendukung adanya penguatan (reinforcement) atas tindakan agresif tersebut. Sehingga sering ditemukan narapidana yang langganan keluar masuk penjara.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1. Pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.
2. Pers berperan penting dalam mempengaruhi pola pikir dan kehidupan masyarakat. Contohnya terhadap bidang keadilan hukum, pers dapat mengungkap ketidakadilan hukum di Indonesia yaitu dalam mengungkap narapidana koruptor yang diberikan keistimewaan oleh pihak yang berwenang dalam kehidupan di penjara daripada narapidana yang berasal dari rakyat kecil.
3.2 Saran
1. Untuk pemerintah agar terus mengawasi kinerja bawahannya yang turun tangan dalam urusan hukum. Tanamkan prinsip persamaan di dalam hukum dalam memvonis narapidana, jangan tanamkan diskriminatif dalam menjatuhkan hukuman kepada tiap warga Negara yang melakukan kriminalitas. Intinya harus bertindak adil kepada seluruh Warga Negara Indonesia baik dalam bidang agama, sosial budaya, politik, ekonomi dan lain sebagainya
DAFTAR PUSTAKA
Budiyanto, 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, Standar Isi 2006, Jakarta, Depdiknas, 2006.

http://banyumas17.blogspot.com/2009/02/ketidakadilan-penegakan-hukum-di.html




PENGUMUMAN STEI SEBI

Berikut adalah nama-nama siswa yang dinyatakan lulus tes potensi akademik (TPA) dalam ujian yang diselenggarakan STEI SEBI di sekolah-sekolah di daerah Jawa Barat
Nama-nama peserta berikutnya bisa dilihat disini!
A. PESERTAYANG DINYATAKAN LULUS
SMAN 6 GARUT
No
Nama
Asal Sekolah
1
Yopi Hadiana
SMA N 6 Garut
2
Iqbal Mauludin
SMA N 6 Garut
3
Denny Adrian Nurhuda
SMA N 6 Garut



PPI 85 BANJAR
N0
Nama
Asal Sekolah
1
Ulfah Nurusy Syahidah
PPI 85 Banjar



SMA ARRAHMAN
No
Nama
Asal Sekolah
1
Cucu Kurnia
SMA Ar Rahman



SMA YKBBB LELES
No
Nama
Asal Sekolah
1
Asep Kendar
SMA YKBBB Leles
2
Widya Sari Puspita
SMA YKBBB Leles
3
Krisna Hardian S
SMA YKBBB Leles
4
Resnawan
SMA YKBBB Leles
5
Teni Sulastri
SMA YKBBB Leles
6
Moch. Rizki N
SMA YKBBB Leles
7
Trisnawati
SMA YKBBB Leles
8
Danil S
SMA YKBBB Leles
9
Hisyam Sofiyan
SMA YKBBB Leles
10
Maryati
SMA YKBBB Leles
11
Taufik Priyadi
SMA YKBBB Leles
12
Raflie Fajar Firdaus
SMA YKBBB Leles
13
Indra Gustiar
SMA YKBBB Leles
14
Hindi Agfad M
SMA YKBBB Leles



SMA AL-QONA'AH
No
Nama
Asal sekolah
1
E.Rina Jumiati
SMA Al-Qona'ah
2
Yadi Suryadi
SMA Al-Qona'ah
3
Desy Mentari
SMA Al-Qona'ah
4
Wilda Widiawati S
SMA Al-Qona'ah
5
Nur Syifa
SMA Al-Qona'ah
6
Rismayanti
SMA Al-Qona'ah



SMA 5 TASIKMALAYA
No
Nama
Asal sekolah
1
Wafa Huwaidah
SMA 5 Tasikmalaya



SMAN 2 GARUT
No
Nama
Asal sekolah
1
Putra Rahadian D
SMAN 2 garut
2
Cucu Casmaya
SMAN 2 garut
3
Shinta Putri Yani
SMAN 2 garut
4
Neng Delis N
SMAN 2 garut
5
Rista Puspita Sari
SMAN 2 garut
6
Hilman Firmansyah
SMAN 2 garut
7
Lenti Nurbaeti R
SMAN 2 garut
8
Iqri Puspa Yuanda
SMAN 2 garut
9
Adi Nuryadi
SMAN 2 garut
10
Lita Purnamasari
SMAN 2 garut
11
Yudi Mulyadi
SMAN 2 garut
12
Ratih Julaeha
SMAN 2 garut
13
Wiwin Suprianti
SMAN 2 garut
14
Bayu Purnama Alam
SMAN 2 garut
15
Indra Ramdani
SMAN 2 garut
16
Nina Karlina
SMAN 2 garut
17
Syifa Fauziah Budiman
SMAN 2 garut



SMAN 1 NGAMPRAH
No
Nama
Asal Sekolah
1
Ruspendi
SMAN 1 Ngamprah
2
Ahmad Sajidin
SMAN 1 Ngamprah
3
Agung Rizky Setiawan
SMAN 1 Ngamprah
4
Fajar Jaelani
SMAN 1 Ngamprah
5
Annisa Nurul Firdaus
SMAN 1 Ngamprah
6
Rizal Shubhi
SMAN 1 Ngamprah
7
Kodir Irawan
SMAN 1 Ngamprah
8
Neng Kartinah
SMAN 1 Ngamprah
9
Danu
SMAN 1 Ngamprah



MA ALBIDAYAH
No
Nama
Asal Sekolah
1
Ayu Latifah
MA AlBidayah
2
Nizwar Yazid
MA AlBidayah
3
Reni Qodariah
MA AlBidayah
4
Siti Nursolihah
MA AlBidayah
5
Syamsul Falah
MA AlBidayah
6
Irwan Tiara
MA AlBidayah
7
Ahmad Muzaqi Assahury
MA AlBidayah
8
Mahpudin
MA AlBidayah
9
Wilman Agis
MA AlBidayah



MAN CIMAHI
No
Nama
Asal Sekolah
1
Moch Zainal M
MAN Cimahi
2
Eko
MAN Cimahi
3
Milan Ardanti
MAN Cimahi
4
Erna Puspitasari
MAN Cimahi
5
Siti Nurhayati
MAN Cimahi
6
Indra Lesmana
MAN Cimahi
7
Muhammad Rijal
MAN Cimahi
8
Lia Camelia
MAN Cimahi
9
Nurul Hidayah
MAN Cimahi



MAS PERSIS SINDANGKASIH
No
Nama
Asal Sekolah
1
Fitrah Insani
MAS PERSIS SINDANGKASIH
2
Aisyah
MAS PERSIS SINDANGKASIH
3
Suci Kurnia
MAS PERSIS SINDANGKASIH
4
Leni Nurazizah
MAS PERSIS SINDANGKASIH
5
Friska fuji astuti
MAS PERSIS SINDANGKASIH
6
Erna Tresnawati
MAS PERSIS SINDANGKASIH
7
Wafa Kamilah
MAS PERSIS SINDANGKASIH
8
Demirna Muflihah
MAS PERSIS SINDANGKASIH
9
Fitriani Nur hidayah
MAS PERSIS SINDANGKASIH
10
Ade Rahmatia
MAS PERSIS SINDANGKASIH
11
Rahmadaniati Akbar
MAS PERSIS SINDANGKASIH



MA DARRUL HUDA
No
Nama
Asal Sekolah
1
Fidya Rahma Insani
MA DARRUL HUDA
2
Agus Salim
MA DARRUL HUDA



MA IBADUL GHAFUR
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Ina Marlina
MA Ibadul Ghafur
2
Eros Rosmawati
MA Ibadul Ghafur
3
Nunung Nur'aeni
MA Ibadul Ghafur
4
Tati Rahmawati
MA Ibadul Ghafur



SMAN 13 GARUT
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Siti Robiah Adawiyah
SMAN 13 GARUT
2
Ai Sopiah
SMAN 13 GARUT
3
Lia Susela
SMAN 13 GARUT
4
Dian Jamaludin
SMAN 13 GARUT
5
Nuraisah
SMAN 13 GARUT
6
Dodong
SMAN 13 GARUT
7
Eneng Rifta Soraya
SMAN 13 GARUT
8
Abdurahman Taufik
SMAN 13 GARUT



SMK PBI
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Fahmi F
SMK PBI
2
Aisyah
SMK PBI
3
Riska Nur Fajrina
SMK PBI
4
Ai Laelasari
SMK PBI
5
Tri Wulan
SMK PBI
6
Iim Yuliani
SMK PBI
7
Yuni Yulianti
SMK PBI
8
Reni Indah R
SMK PBI



MAN CIAWIGEBANG
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Nurilita Wiguna
MAN CIAWIGEBANG
2
Ranti Ayu Putri
MAN CIAWIGEBANG
3
Teguh Hariyawan
MAN CIAWIGEBANG
4
Ubaidillah
MAN CIAWIGEBANG



SMK KBU LIMBANGAN GARUT
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Angga J
SMK KBU LIMBANGAN



SMKN 08 GARUT
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Indra Sopian
SMKN O8 GARUT
2
Aidah
SMKN O8 GARUT
3
Susi Susanti
SMKN O8 GARUT
4
Yiyip Saepudin
SMKN O8 GARUT
5
Susi Sukaesih
SMKN O8 GARUT
6
Ai Nurhasanah
SMKN O8 GARUT
7
Andi Mulyana
SMKN O8 GARUT
8
Dewi Anggareni
SMKN O8 GARUT
9
Ai Kartini
SMKN O8 GARUT
10
Kiki Kamaludin
SMKN O8 GARUT
11
Irvan H
SMKN O8 GARUT
12
Agustin
SMKN O8 GARUT
13
Iman Waruman
SMKN O8 GARUT
14
Gina Sonia
SMKN O8 GARUT
15
Irfan Wijaya
SMKN O8 GARUT
16
Endah Mutiara
SMKN O8 GARUT
17
Risna Tresnasih
SMKN O8 GARUT
18
Ida Maulida
SMKN O8 GARUT
19
Marlina
SMKN O8 GARUT
20
Wahyu A
SMKN O8 GARUT
21
Ajril Loveyou
SMKN O8 GARUT
22
Aep Sopani
SMKN O8 GARUT
23
Lis Imaliah Aeni
SMKN O8 GARUT
24
Nenden Yuliani
SMKN O8 GARUT
25
Nawawi
SMKN O8 GARUT



SMAN 1 PURWADADI
No.
Nama
Asal Sekolah
1
Angga wijaya
SMAN 1 Purwadadi
2
Asep irawan
SMAN 1 Purwadadi
3
Indriyani
SMAN 1 Purwadadi
4
Jejen Jenal
SMAN 1 Purwadadi
5
Toni Hermansyah
SMAN 1 Purwadadi
6
Beni Rama
SMAN 1 Purwadadi
7
Dewi Mulyani
SMAN 1 Purwadadi
8
Inah Mulyawati
SMAN 1 Purwadadi
9
Ati Sulastri
SMAN 1 Purwadadi
10
Gilang Dwi Sumarno
SMAN 1 Purwadadi
11
Siska Selviana
SMAN 1 Purwadadi
12
Rodiah Fika Fardila
SMAN 1 Purwadadi



SMAN 1 Ciamis
No
Nama
Asal sekolah
1
Rijal Nurdiana
SMAN 1 Ciamis
2
Pebriandigama
SMAN 1 Ciamis
3
Pijar Pacamarta
SMAN 1 Ciamis
4
Lia Adianti Arnas
SMAN 1 Ciamis
5
Rety Aprissa Dewi
SMAN 1 Ciamis
6
Amanda Dessy Utami
SMAN 1 Ciamis
7
Nenden Tresna Lestari
SMAN 1 Ciamis
8
Nurfazar
SMAN 1 Ciamis
9
Meli Apriani

SMAN 1 Ciamis
10
Agung Syah Fauzi
SMAN 1 Ciamis
11
Annisa Dicko Daratya
SMAN 1 Ciamis
12
Anisya. A. Avianti
SMAN 1 Ciamis
13
Ayi Sri Mardiani
SMAN 1 Ciamis
14
M. Sansan F
SMAN 1 Ciamis
15
Ristin Haryanti
SMAN 1 Ciamis
16
Hedna Dusti Nagroho
SMAN 1 Ciamis
17
Firnoaki A. F
SMAN 1 Ciamis
18
Tuti Dianti
SMAN 1 Ciamis
19
Nuryani Siti Darisma
SMAN 1 Ciamis
20
Agung Prakoso
SMAN 1 Ciamis
21
Mochammad Toni Ard
SMAN 1 Ciamis
22
Evie Pratiwi
SMAN 1 Ciamis
23
Imam Nur Akbar
SMAN 1 Ciamis
24
M.Rizky Garuda N
SMAN 1 Ciamis
25
Aan Misbahuzaman
SMAN 1 Ciamis
26
Agus Dian
SMAN 1 Ciamis
27
Melawati
SMAN 1 Ciamis
28
Rais RAhmat Ismail
SMAN 1 Ciamis
29
Risma Mawarni
SMAN 1 Ciamis
30
Rias Juniar
SMAN 1 Ciamis
31
Ida Parida
SMAN 1 Ciamis
32
Eva Latifah
SMAN 1 Ciamis
33
Dewi Purwati
SMAN 1 Ciamis
34
iyus yusup
SMAN 1 Ciamis
35
Atik Putri Utami
SMAN 1 Ciamis
36
Gilang Kelana A
SMAN 1 Ciamis
37
Dian Toni A.
SMAN 1 Ciamis
38
Veni Destiani
SMAN 1 Ciamis
39
Desy Reizky P
SMAN 1 Ciamis
40
Chairunnisa
SMAN 1 Ciamis
41
Linda Yani
SMAN 1 Ciamis
42
Wildan Syahrizal
SMAN 1 Ciamis
43
Viny Agustiani Lestari
SMAN 1 Ciamis
44
Isbadi Mulya
SMAN 1 Ciamis
45
Mutiara Andam Dewi
SMAN 1 Ciamis
46
Iin Inayah
SMAN 1 Ciamis
47
Leila Nurfitria
SMAN 1 Ciamis
48
Tresna Zuniar Zain
SMAN 1 Ciamis
49
Suci Yuningsih
SMAN 1 Ciamis
50
Aulia Rahmatika
SMAN 1 Ciamis
51
Hario Purbaseno
SMAN 1 Ciamis



M.A Persis Cempakawarna Tasikmalaya
No
Nama
Asal sekolah
1
Alan Anwari
M.A Persis Cempakawarna
2
M.Rizki
M.A Persis Cempakawarna
3
Nurkamil Ali
M.A Persis Cempakawarna
4
Azrina Sofa N
M.A Persis Cempakawarna
5
Tia Ristiyani
M.A Persis Cempakawarna
6
Faisal Anbiya
M.A Persis Cempakawarna
7
Shanti Permatasari
M.A Persis Cempakawarna



PPI 109Kujang
No
Nama
Asal Sekolah
1
Ilyas
PPI 109 kujang
2
Aulia
PPI 109 kujang
3
Suci Nur Awali
PPI 109 kujang
4
Restu Nur Uswatunnisa
PPI 109 kujang
5
Nurhanifah
PPI 109 kujang
6
saeful Bahri
PPI 109 kujang
7
Uum umayah
PPI 109 kujang
8
Elin Fatmala
PPI 109 kujang
9
Yayu Nurmala
PPI 109 kujang



MAN AWI PARI
No
Nama
Asal Sekolah
1
zia nurafifah
MAN Awipari
2
Sari sumiyatika
MAN Awipari
3
Delis winarsih
MAN Awipari
4
Isni Azizah Maulida
MAN Awipari
5
Risva Apipah n
MAN Awipari
6
N Rani Rismawati
MAN Awipari
7
Ayu S
MAN Awipari
8
Melan nurmalasari
MAN Awipari
9
Abdullah
MAN Awipari
10
Fathan Symsul Ma'arif
MAN Awipari
11
Nurhayti
MAN Awipari
12
Elih Safitri
MAN Awipari
13
Miftah fahmi S
MAN Awipari
14
Neneng siti Nurjanah
MAN Awipari
15
dede Heli sumarli
MAN Awipari
16
Mira Amalia
MAN Awipari
17
Dede Rosmadewi
MAN Awipari
18
Mumuh M.A Muhsehi
MAN Awipari
19
Syifa Fauziyah
MAN Awipari
20
Lina Nurlainul patwa
MAN Awipari
21
Encep Apip
MAN Awipari
22
Rita Nurmala F
MAN Awipari
23
Mila Nurlailasari
MAN Awipari
24
Yusri Nurmala Sari
MAN Awipari
25
Fahmi Aminudin
MAN Awipari
26
Diki Abdu lja'par
MAN Awipari
27
Syifa Syarifah
MAN Awipari
28
Firman Jamaludin
MAN Awipari
29
Irfan Ansori
MAN Awipari
30
Nisa Ka Najah
MAN Awipari
31
Nur Azzizah
MAN Awipari
32
Adi Ahmad Arifin
MAN Awipari



Hasil Tes TPA MA Mathla'ul Huda
No
Nama
Nama Sekolah
1
M. iksan fahmi A
MA Mathla'ul Huda
2
M. wildan F.G
MA Mathla'ul Huda
3
Rivaldi
MA Mathla'ul Huda
4
Lina karlina
MA Mathla'ul Huda
5
Resu Aditya Sidik
MA Mathla'ul Huda
6
Kurnia N. F.
MA Mathla'ul Huda
7
M. rizky
MA Mathla'ul Huda



SMK SPPN GARUT
No
Nama
Asal Sekolah
1
Encep Kuswandi
SMK SPPN GARUT






SMK NURUL MUTTAQIN
No
Nama
Asal Sekolah
1
Aang b2
SMK NURUL MUTTAQIN
2
Euis Fauziah alwi M.
SMK NURUL MUTTAQIN
3
Eneng Nur Jamilah
SMK NURUL MUTTAQIN
4
Sinta Melani
SMK NURUL MUTTAQIN
5
Yayan Sopiyan
SMK NURUL MUTTAQIN
6
Pindi Pradina
SMK NURUL MUTTAQIN
7
Via Nurusyifa
SMK NURUL MUTTAQIN
8
Lismawati
SMK NURUL MUTTAQIN



PPI 76 TAROGONG
No
Nama
Asal Sekolah
1
Rahma Robiah
PPI 76
2
Rizki Khaerunnisa
PPI 76
3
Fahmi Akbar
PPI 76
4
M. Nurul Ahsan
PPI 76
5
Hanifah
PPI 76
6
Ghina Nadifah
PPI 76



MA PERSIS TAROGONG
No
Nama
Asal Sekolah
1
Arif Rahman Sabili
MA. Persis Tarogong 76
2
Usamah A
MA. Persis Tarogong 76
3
M. Mukhlis Irfan
MA. Persis Tarogong 76
4
Hendri Adam
MA. Persis Tarogong 76
5
Ismail Yusuf
MA. Persis Tarogong 76
6
Feri Fadhilah
MA. Persis Tarogong 76
7
Ihsan Mubaroq
MA. Persis Tarogong 76
8
Setra M
MA. Persis Tarogong 76
9
Aluran Pityaan M
MA. Persis Tarogong 76
10
Atrofal Asfarina
MA. Persis Tarogong 76
11
Sani Ali Akbar
MA. Persis Tarogong 76
12
Sani Nuryanti
MA. Persis Tarogong 76
13
Sania Fajrin Fauziah
MA. Persis Tarogong 76
14
Nilam Cahya I
MA. Persis Tarogong 76
15
Dina Mardiana
MA. Persis Tarogong 76
16
Annisa Nurul Rahmah
MA. Persis Tarogong 76
17
Nida Af'idah
MA. Persis Tarogong 76
18
Khonsa Hizbatulloh
MA. Persis Tarogong 76
19
Ismi M.A.I
MA. Persis Tarogong 76
20
Oppie Latfiah
MA. Persis Tarogong 76
21
Hilda Fauziyyah
MA. Persis Tarogong 76
22
Rahmi Ramadhani Fani
MA. Persis Tarogong 76
23
Hilmi Nurpika Dewi
MA. Persis Tarogong 76
24
Arif Rahman Maulana
MA. Persis Tarogong 76
25
Sumiarti
MA. Persis Tarogong 76
26
Ratih Vera Rohman
MA. Persis Tarogong 76
27
Puji Jannati
MA. Persis Tarogong 76
28
Amalia Qonita
MA. Persis Tarogong 76
29
Nuraini
MA. Persis Tarogong 76
30
Anggi Rahmayani
MA. Persis Tarogong 76
31
Risa Nur Anisa
MA. Persis Tarogong 76
32
Syani Rahmawati
MA. Persis Tarogong 76
33
Teti Siti Ruhmayati
MA. Persis Tarogong 76
34
Lina Lisnawati
MA. Persis Tarogong 76
35
Raidah Muthmainnah
MA. Persis Tarogong 76
36
Chintia Khoerunnisa
MA. Persis Tarogong 76
37
Zulfah Taqwimah
MA. Persis Tarogong 76
38
Wisman Rizqullah
MA. Persis Tarogong 76
39
Labib Mufid
MA. Persis Tarogong 76
40
Miftahul Anwar
MA. Persis Tarogong 76
41
Imam Firdaus S
MA. Persis Tarogong 76
42
Rizqy Zaynal Ihsan
MA. Persis Tarogong 76
43
M. Saiful Jihad
MA. Persis Tarogong 76
44
Ruli Insani Aditya
MA. Persis Tarogong 76
45
Gery Alfarisy Rasmana
MA. Persis Tarogong 76
46
Muhammad Harfi A
MA. Persis Tarogong 76
47
Rahman Nurdinansyah
MA. Persis Tarogong 76
48
M. Syarifuddin
MA. Persis Tarogong 76
49
Galih Puja Ginanjar
MA. Persis Tarogong 76
50
Gilang Ramadhan
MA. Persis Tarogong 76
51
Ima Hanifah
MA. Persis Tarogong 76
52
Annisa Hasna NT
MA. Persis Tarogong 76
53
Isnaini Maulina
MA. Persis Tarogong 76
54
Izdihar Nurnafisah
MA. Persis Tarogong 76
55
Syifa Nurfuadah
MA. Persis Tarogong 76
56
Ghaidha Fathin Hidayat
MA. Persis Tarogong 76
57
Kirani Anjasmara
MA. Persis Tarogong 76
58
Amalia Lutfianti
MA. Persis Tarogong 76
59
Siti Saomah
MA. Persis Tarogong 76
60
Nida Ikrimah
MA. Persis Tarogong 76

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang blog ini?

Total Tayangan Halaman