Kamis, 08 Desember 2011

RENGGANG WAKTU YANG TAK TERBATAS


IMPIAN SAYA


Pekerjaan yang diinginkan yaitu dalam bidang pembuatan tekstil, tepatnya menjadi koordinator pembuatan tekstil di perusahaan ternama di Indonesia. Biasanya pekerjaan tersebut merupakan prospek kerja dari kimia analitik. Bidang pekerjaan tersebut masih berhubungan dengan bidang kimia, karena dalam proses pembuatannya pun, terdapat senyawa-senyawa kimia yang berperan penting dalam proses tersebut.

Limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan tekstil tersebut banyak yang berbentuk limbah padat. Limbah tekstil merupakan limbah yang dihasilkan dalam proses pengkanjian, proses penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan kapas menghasilkan limbah yang lebih banyak dan lebih kuat dari pada limbah dari proses penyempurnaan bahan sintesis.

Jika pabrik menggunakan pewarnaan secara terbatas dan menggunakan pewarna tanpa krom atau logam lain, maka gabungan limbah sering diolah dengan pengolahan biologi saja, sesudah penetralan dan ekualisasi. Cara-cara biologi yang telah terbukti efektif ialah laguna aerob, parit oksidasi dan lumpur aktif. Sistem dengan laju alir rendah dan penggunaan energi yang rendah lebih disukai karena biaya operasi dan pemeliharaan lebih rendah. Kolom percik adalah cara yang murah akan tetapi efisiensi untuk menghilangkan BOD dan COD sangat rendah, diperlukan lagi pengolahan kimia atau pengolahan fisik untuk memperbaiki daya kerjanya.

Untuk memperoleh BOD, COD, padatan tersuspensi, warna dan parameter lain dengan kadar yang sangat rendah, telah digunakan pengolahan yang lebih unggul yaitu dengan menggunakan karbon aktif, saringan pasir, penukar ion dan penjernihan kimia.

Dari penjelasan-penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa bidang pekerjaan yang digarap ada sangkut pautnya dengan ilmu kimia. Kita bisa melihat bahwa dalam prosesnya ataupun kandungan limbah yang dihasilkan dari proses tersebut melibatkan senyawa-senyawa kimia terutama berbentuk padat (solid).

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang blog ini?

Total Tayangan Halaman